Perjalanan Menuju Puncak Salak 1 2211 mdpl

Pada tanggal 18-19 April 2015 lalu kami melakukan pendakian ke puncak Salak I dengan ketinggian 2211 mdpl dalam rangka pembinaan Anggota Muda Rimpala angkatan XIX. Pendakian kali ini diikuti oleh 14 orang yang terdiri atas 7 Anggota Muda dan 7 orang anggota biasa. Kami melakukan pendakian melalui jalur Cidahu, Sukabumi. Perjalanan dimulai pada Hari Sabtu pukul 13.00 siang dari Kampus IPB menuju Pos Cidahu menggunaan angkot. Perjalanan memakan waktu 4 jam karena jalur dari Bogor menuju Sukabumi yang cukup macet.
                Di pos Cidahu kami melakukan pendaftaran pendakian dan penurusan SIMAKSI (Surat Ijin Masuk Kawasan Konservasi) dengan membayar SIMAKSI sebesar Rp 10.000 per orang. Di Pos Pendakian Cidahu ini terdapat Mushola dan toilet serta beberapa warung makan dan lapangan parkir.
                Pendakian kami mulai pukul 17.30 menuju Bajuri untuk mendirikan camp sebelum esok harinya melanjutan perjalanan menuju puncak Salak I. Perjalanam menuju bajuri dari Pos Cidahu dimulai dengan menyusuri jalan aspal selama 30 menit menuju gerbang pendakian. Jarak dari gerbang pedakian menuju Puncak salak I adalah 9.7 km. Jarak menuju Cidahu 25 pal dan dari Bajuri menuju Puncak Salak I 50 pal.
                Medan yang dilalui setelah gerbang pendakian adalah jalan setapak menanjak menembus hutan hujan tropika yang jalan setapak tersebut telah dialasi dengan batu untuk memudahkan kaki berpijak. Perjalanan dari gerbang pendakian menuju Bajuri selama 2 jam. Bajuri merupakan tempat yang biasa dipakai pendaki untuk mendirikan camp karena di lokasi tersebut cukup untuk mendirikan sampai sepuluh tenda.  Di Bajuri juga terdapat sungai  kecil sebagai sumber air terahir yang biasa diguakan pendaki. Bajuri merupakan pertigaan yang dapat mengantarkan pendaki menuju Puncak Salak 1 ataupun menuju Kawah Ratu. Jalan menuju Puncak Salak 1 dapat diambil dengan berjalan ke arah sebelah kanan dari bajuri dan menuju Kawah Ratu sedikt ke kiri.

Gambaran di Camp Bajuri
                Pukul 04.10 pagi kami berangkat menuju puncak dengan melewati jalan setapak yang jalurnya terlihat cukup jelas. Jalur menuju uncak didominasi oleh tanjakan dan ada beberapa turunan. Terdapat beberapa kubangan lumpur di jalur pendakian yang harus dilewati. Jalur pendakian di Gunung Salak tergolong basah terutama apabila turun hujan jalur pendakian semakin basah. Di beberapa titik pendakian digunakan webing untuk memudahkan karena jalur yang tak bisa dilewati dengan berjalan biasa. Sebelum benar-benar menuju puncak terdapa puncak bayangan.

Setelah berjalan selama 4 jam 30 menit akhirnya kami sampai di Puncak Salak 1 pada pukul 08.39. Suasana di puncak cukup ramai oleh pendaki yang mendirikan camp disana. Apabila cuaca cerah dapat terlihat Gunung Gede dan pangrango dari puncak Salak 1 ini. Menginjakkan kaki di ketinggian 2211 dengan melewati jalan panjang nan terjal membuat kami mensyukuri semua keindahan yang ada di hadapan kami.
Puncak Salak 1 2211 mdpl

Pemandangan di puncak tak dapat kami lewati begitu saja. Meskipun lensa kamera tak dapat disamakan dengan tangkapan lensa mata tapi kami tetap menggunakan kamera sebagai salah satu media untuk mengabadikan keindahan alam agar teman-teman dapat turut melihat keindahan yang kami lihat.
Kalau udah ada ini berarti kamu sudah sampai di Puncak Salak 1

Gunung Gede dan Pangrango terlihat di kejauhan

Kamu juga bisa melihat tajuk yang indah saat berbaring di bawah pepohonan
                Setelah cukup beristirahat dan menikmati keindahan dari puncak kami turun kembali menuju camp bajuri pukul 10.30 dengan melewati jalan apabila turun cukup menguras konsentrasi untuk menginjakkan kaiki karena jalan yang didominasi turunan dan cukup licin. Pukul 14.30 kami tiba kembali di camp bajuri lalu beristirahat dan merapika peralatan dan perbekalan. Pukul 15.35 kami kembali turun menuju pos pendakian cidahu dan tiba pukul 16.35 dan kami langsung pulang kembali ke kampus. Alhamdulillah kami semua sampai kembali di kampus dengan selamat.

Selamat mendaki, Salam Lestari !