Selamat malam...

            Beberapa waktu  lalu tepatnya Hari Sabtu – Minggu, 21-22 Februari 2015 kami turut serta dalam kegiatan PENGHIJAUAN DAN KEMAH CINTA LINGKUNGAN Kolaburasi PT PJB UP MUARA KARANG dengan Fakultas Kehutanan IPB. Lokasi kegiatan di Desa Cibuniang, Kecamatan Pamijahan, wilayah Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) Kabupaten Bogor. Tidak hanya RIMPALA yang meramaikan kegiatan ini, ada teman-teman dari Serincil (Sekolah Rimbawan Kecil) juga, sehingga suasana disana semakin meriah.
          Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak anak-anak dan warga di Desa Cibunian dan sekitarnya untuk lebih mencintai alam. Alam sebagai bagian dari kehidupan kita yang harus kita jaga dan lestarikan.
          

                   Malam mulai datang dan kegiatan di Desa Cibuniang semakin meriah, ditemani angin malam dan taburan bintang, kami bersama anak-anak kecil yang penuh semangat bernyanyi, mempersembahkan lagu untuk alam.
Keesokan harinya kegiatan lain pun dimulai. Dimulai ketika matahari membangunkan kami dari tidur yang nyenyak. 

Matahari pagi di Desa Cibuniang

                   Kegiatan dimulai dengan permainan tradisional. Permainan tradisional tentunya baik untuk perkembangan anak, karena permainan tradisional bukan hanya mengajak anak untuk bersenang-senang, tetapi juga mengajarkan bekerja sama, dan bersosialisasi dengan sesama.

                                

Bermain Permainan Tradisional

                Selain itu disana juga kami berbagi pengalaman cara memanjat pohon dengan teknik prusiking. Memanjat pohon dengan peralatan sederhana dan aman.

                                                                                                Prusiking
              Satu hal yang kurang dari adik yang sedang mencoba teknik prusiking ini adalah dia tidak memakai sepatu, karena dia merasa tidak terbiasa memanjat pohon dengan mengunakan sepatu. Harapannya tidak dicontoh ya, karena sepatu termasuk alat yang harus digunakan ketika memanjat pohon untuk keselamatan.
          Ada lagi satu permainan yang membuat mereka tertarik yaitu berjalan diatas tali. Permainan ini tentu harus mengutamakan keselamatan, yaitu dengan standar alat yang digunakan.

                                                                                            Melintasi tali      

                      Kegiatan Kemah dan Cinta Lingkungan ini memberi banya pelajaran bagi kami. Menjadikan kami beserta adi-adik disana semakin dekat dengan alam, semaki mencintai alam, lebih mengerti sesama, dan semakin dekat dengan yang menciptakan semua keindahan alam. 




SALAM LESTARI !


Meida R-XVIII/009













































































































0 komentar :

Posting Komentar