Pemateri Jungle Survival di PPEH dan BCR

Jungle survival merupakan hal yang mutlak dipahami oleh setiap rimbawan, dimana di lapang rimbawan selalu dihadapkan dengan hal ketidakpastian yang memungkinkan membawa resiko tinggi terhadap keselamatan. Kita sebagai civitas Fahutan memungkinkan untuk pergi ke lapang, baik itu dengan tujuan praktikum, penelitian, proyek dll. Sedangkan bahaya di lapang tidak lah satu orang pun yang mengetahui, namun kita semua dapat mencegah dan mengatasi resiko-resiko bahaya tersebut dengan pengetahuan jungle survival.
            RIMPALA kembali diundang setiap tahun untuk mengisi acara pengenalan jungle survival di kegiatan-kegiatan di Fahutan, misalnya dalam acara Bina Corps Rimbawan (BCR) dan Praktek Pengenalan Ekosistem Hutan (PPEH). Adapun materi yang disampaikan dalam kesempatan tersebut ialah materi botani zoologi, pembuatan bivak, pembuatan api, navigasi darat dan pertolongan pertama. Tidak hanya sekedar memberikan materi, tapi kami menyampaikan pengetahuan JS secara praktek juga, anggota RIMPALA menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk memudahkan para peserta untuk memahami materi seperti menyiapkan botani yang bisa kita makan misalnya daun pohpohan, harendong, dan untuk zoologi seperti cacing. Kami pun menyiapkan ponco dan dedaunan untuk membuat bivak alami dan buatan. Ranting-ranting untuk membuat api. Mitela, oksigen dan bidai untuk pertolongan pertama dan peta, kompas, protaktor untuk navigasi darat.
Diharapkan pengetahuan dasar mengenai JS ini bisa menambah pengetahuan para rimbawan yang mengharuskannya pergi ke lapang, lebih dari itu diharapkan kemampuan fisik dan mental serta persiapan sebelum ke lapang disiapkan sebaik mungkin untuk menghindari resiko-resiko yang tidak diinginkan.
Intan Nurhajah (R-XVI/006)

1 komentar :

  1. Mohon maaf sebelumnya saya sedang membina anak-anak dhuafa (Yayasan Bina Ummat Tangerang) lewat pengenalan alam saya mau mengajak mereka untuk mengerti arti sebuah kehidupan. Rencananya saya akan mengadakan pendidikan dasar pecinta alam, kalau boleh saya mohon untuk mencopy softcopy dari materi dasar pendidikan pecinta alam tsb. Tx

    BalasHapus