Pembinaan Anggota Muda R-XVII Pemetaan Gua Putih Hutan Pendidikan Gunung Walat

Petualangan kali ini kami lakukan di Hutan Pendidikan Gunung Walat untuk melanjutkan materi pembinaan anggota muda RXVII. Ini merupakan pembinaan gabungan semua divisi yang ada baik dari Gunung Hutan, Tree Climbing, maupaun Olahraga Alam Bebas. Kegiatan kali ini diikuti oleh 11 orang. Kami mulai pada hari Jum’at, 10 Mei 2013 dengan menggunakan angkot untuk menuju lokasi pukul 20.00. Perjalanan cukup lama karena terhambat oleh kemacetan sampai akhirnya kami tiba di HPGW pukul 01.00 (Sabtu dini hari). Tak menunggu lama, kami langsung menuju camping ground dan segera mendirikan tenda untuk tempat beristirahat. Setelah semua beres, kami beristirahat menyiapkan tenaga untuk kegiatan selanjutnya.

Udara pagi memasuki tenda, waktu tidur terasa sangat singkat. Rasanya mata ini enggan untuk membuka, namun kami harus melanjutkan petualangan kami. Konsumsi mulai disiapkan, sambil menghangatkan diri kami memasak bahan-bahan yang ada. Dalam suasana seperti ini, ditengah kebersamaan dan kekeluargaan apapun makanan yang disiapkan terasa tetap nikmat. Setelah usai sarapan, kegiatan dilanjutkan dengan persiapan untuk tracking dan streaching.
Pukul 08.00, pembinaan Gunung Hutan pertama dimulai. Kami akan tracking diseputaran kawasan HPGW. Tugas untuk angkatan muda RXVII pertama yaitu pembuatan peta perjalanan beserta mengamati vegetasi tanaman disekitar kawasan. Kami sempat bertemu beberapa kawan dari fakultas yang akan melakukan pengamatan. Kawasan HPGW ini ternyata didominasi oleh pohon Agatis. Setelah masuk kawasan HPGW lebih dalam, kami sempat kebingungan mencari jalan. Dengan mengguakan ingatan dan insting kami terus berjalan. Dititik akhir, kami menemukan kejanggalan, dan benar saja kami ternyata memutar jalan dan kembali dipersimpangan awal perjalanan. Karena waktu, kami memutuskan untuk kembali ke camp. Dalam perjalanan kembali ke camp kami bertemu dengan penjaga kawasan hutan dan tidak menyianyiakan kesempatan, kami menanyakan nama tumbuhan bawah yang kami tidak kenali. Setelah itu pemberian  materi bivak alam, dan kembali tiba di camping ground pukul 11.30.

Setibanya di camp, para wanita kembali menyiapkan makan siang. Rasa lapar telah menyerang kami semua. Akhirnya pukul 13.00 kami menikmati makan siang yang sudah dinantikan. Selanjutnya pukul 13.30 pembinaan Tree Climbing dimulai. Materi yang diberikan yaitu materi pindah pohon dengan teknik jangkar. Ini merupakan materi baru untuk RXVII, bertambahnya satu lagi ilmu untuk para anggota muda ini. Ada dua anggota yang datang menyusul untuk mengikuti kegiatan (Yoga dan Danu).  Tak terasa hari telah mulai gelap, selain mendapatkan materi teknik jangkar, pembinaan Tree Climbing ini juga memberikan materi vertical rescue sebagai materi tambahan, dan selesai pada pukul 18.00. Kami kembali makan pukul 18.30 dan beristirahat. Semakin malam, hujan juga turut turun yang menyebabkan kami harus berkumpul dalam flysheet. Kami mengadakan briefing untuk kegiatan esok hari, dilanjutkan dengan mengobrol santai. Pukul 22.00 kami beristirahat dan mulai tidur.

Kembali pukul 05.00 kami sudah terbangun. Kgiatan minggu ini yaitu pembinaan dari divisi Olahraga Alam Bebas yaitu Caving di Gua Putih yang berada masih di kawasan HPGW. Setelah usai sarapan da berkemas, pukul 08.00 semua peserta telah siap dan kami segera berjalan menuju gua. Lokasi goa ini tidak jauh dari camping ground tempat kami mendirikan tenda, 20 menit berjalan, kami menemukan gua yang kami cari. Setelah bersiap, pukul 08.45 tim pertama penelusuran gua (Riyanda, Mentari, Hani, Dewi, Burhan, Resti) siap untuk menelusuri keadaan dalam gua Putih. Pintu masuk gua ini bersada agak di bawah dengan jalan menuruninya terasa sedikit licin. Kami menelusuri gua ini sembari membuat peta gua yang nanti akan di olah. Perlahan tapi pasti kami terus menelusuri, kami sempat melihat ular di celah dinding gua. Keadaan gua indah, namun masih ditemukan sampah dalam gua, ini dapat merusak struktur gua. Sepanjang jalur kami selalu melewati air. Ada beberapa bagian gua yang sempit sehingga kami harus merayap untuk melewatunya.  Kelompok satu berjalan tisdak sampai chamber karena waktu yang telah habis. Kelompok satu keluar pukul 10.45.

Pukul 11,00 tim penelusuran gua kedua (Iman, Dian, Danu, Yoga, Marwah) mulai memasuki gw. Berbeda dengan tim pertama, tim kedua membuat peta dengan teknik bottom to top. Sembari menunggu tim kedua mencari data, tim pertama yang sudah usai membersihkan diri menyiapkan makanan. Pukul 12.00 tim kedua telah keluar dari gua. Pukul 13.00 Makan siang telah siap, seluruh anggota penelusuran makan siang dengan suasana gembira. setelah usai kami bersiap untuk kembali pulang. Pukul 13.30 kami kembali ke pos awal kami diturunkan oleh angkot. Kamipun membersihkan diri sembari menunggu angkot datang menjemput. Ternyata angkot yang telah kami pesan tidak dapat menjemput karena terjebak macet. Bersyukur kami mendapatkan tumpangan dari pihak HPGW sampai kluar jalan raya. Dari sana kami mendapat tumpangan dengan truk mobil TNI. Setelah menunggu cukup lama, akhirnya pukul 17.00 seluruh peserta pembinaan HPGW kembali menuju bivak RIMPALA. Perkiraan sampai bivak pukul 19.30 ternyata gagal. Karena terjebak macet yang sangat panjang kami baru sampai Dermaga pukul 21.15, sungguh perjalanan yang sangat lama. Sampai juga kami dirumah tercinta bivak RIMPALA pukul 21.40.
Begitu menyenangkan untuk melakukan petualangan bersama, mendapatkan pengalaman baru yang tak akan terlupakan. Dengan bertambahnya pengalaman, bertambah juga ilmu dan pengetahuan yang kita miliki. Kami harap, kami akan terus dapat melakukan petualangan-petualangan yang dapat menambah wawasan kami. Dengan menikmati keindahan alam ciptaaNya dan bersyukur atas keindahan alam yang begitu luas dengan terus menjaga dan merawatnya.(Dewi R-XVII)